Rabu, 23 Desember 2009

Menghubungkan via hp dengan bluesoleil

Menghubungkan HP via Bluetooth dengan Bluesoleil

Kalau punya handphone berbluetooth (maksutnya memiliki koneksi bluetooth) pasti ingin menghubungkannya dengan komputer pribadi Anda. Untuk apa? Anda bisa transfer data apa saja, baik dari komputer ke handphone maupun sebaliknya. Nah salah satu program standar untuk menghubungkan handphone dengan komputer adalah Bluesoleil. Dimana Anda bisa mendapatkannya? Biasanya ketika Anda membeli BLuetooth dongle atau Bluetooth USB untuk ditancapkan komputer, Anda akan dapet CD-nya, biasanya sih udah dikasih sekalian software Bluesoleilnya. Yuk kita ikuti langkah-langkah “penghubungan”. Bagi yang sudah bisa silakan mempraktekkan.
1. Setelah Anda mendapatkan dan di install, silakan cari icon untuk membukanya. Ntar di Tray windows Anda akan muncul seperti ini

setelah itu Bluesoleil akan muncul dengan tampilan kayak begini
2. Oke, nah contoh kasus sekarang saya menggunakan Motorola ROKR E1. Oke nyalakan or aktipkan Bluetooth handphone Anda. Setelah aktif silakan klik pakai mouse “Bulan Orange” di tengah itu, atau tekan F5 atau di menu View –> Refresh Device. Ntar bakal keliatan di Bluesoleil dengan nama Blutooth handphonemu.
3. Understood? Oke, sekarang double klik pada nama Buetooth handphone di Bluesoleil Anda. Sudah? Kalau sudah klik “Bluetooth File Transfer Service” seperti ini
4. Ntar di handphone minta password, masukkan password di hanpdhone dan ntar di komputer juga nanyain passwordnya, so ostosmastis harus sama kayak password handphone Anda tadi
5. Lancar? Gampang khan? Oke ntar tampilannya bakal seperti ini (o iya untuk masing-masing merk tampilannya bisa beda, kalau dibawah contoh untuk Motorola ROKR E1, Anda bisa pilih MMC untuk ambil atau transfer ke MMC sedangkan kalau memori ponsel bisa ke Audio, Video atau Picture, tergantung kebutuhan)
Kalo untuk Nokia S60 1st dan 2nd edition tampilannya tidak seperti di atas, cuman kosongan aja, jadi kalau mau transfer dari handphone ke komputer cukup pilih data di handphone yang dimaksut terus “Send via Bluetooth” ke komputer Anda. Kalau mau kirim dari komputer, Anda bisa “drag” atau geret data ke tampilan Bluetooth di komputer, ntar di handphone Nokia akan terbaca sebagai SMS. Jangan lupa, pindahkan data tersebut ke MMC pakai File Manager biar ga menuh-menuhin memori interrnal handphone.
Kalo untuk Nokia S60 3rd edition tampilannya bakal kayak ROKR E1 di atas, so silakan praktekkan sendiri. Seperti biasa kalo ada kesulitan Anda bisa kirim komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar